Kamis, 27 Maret 2014

Tips Arahan Bermain Catur dalam Babak Opening

Tips dan arahan bermain catur dalam babak opening : Seri pelajaran catur kedua kali ini masih tetap membahas arahan pada babak opening atau pembukaan catur. yaitu Pengembangan Perwira. Perhatikan gambar dibawah ini :

gambar trik bermain catur
SAC (Seri Arahan Catur) No. 2 dari Master Nasional Heri Darmanto Jatim

Kembangkan secepat mungkin perwira-perwira catur ke medan laga, kalau mungkin lebih baik lagi sambil melakukan ancaman agar menang tempo. Ada 2 poin penting dalam pesan tersebut :

1. Kembangkan perwira secepat mungkin : artinya, Anda harus segera mengeluarkan Kuda dan Gajah Anda pada opening, sehingga perwira kita akan aktif dan siap untuk menyerang raja lawan. Selain itu jangan lupa untuk mengarahkan perwira ke petak pusat seperti pada tutorial sebelumnya.

2. Mengembangkan perwira sambil melakukan Ancaman : artinya, jika memungkinkan pada posisi yang terjadi untuk kita melakukan ancaman / serangan, maka langkah tersebut wajib kita jalankan.

Coba lihat gambar diatas : Langkah yang terbaik adalah Kc3. Mengapa? karena langkah ini mengandung ancaman, yaitu ancaman terhadap menteri hitam di d5. Langkah Kf3 juga baik, dengan maksud mengembangkan perwira, tetapi langkah Kc3 adalah lebih baik, karena sambil melakukan ancaman.

Apa yang dimaksud Ancaman atau Serangan pada catur?

Adalah langkah yang bisa merugikan lawan jika lawan mengabaikan langkah tersebut.

Sampai sekian belajar kita kali ini, kita sambung lagi pada tutorial selanjutnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar