Jumat, 28 Maret 2014

Teori Pembukaan Catur : Kembangkan Perwira Ringan

Teori Pembukaan Catur : Kembangkan Perwira Ringan - Hal yang sering tidak dihiraukan oleh para pecatur pemula adalah mengembangkan perwira ringan terlebih dahulu. Pecatur amatir biasanya masih bingung apa yang harus dilangkahkan pada babak awal permainan. Banyak ahli catur membagi 2 jenis untuk perwira :

1. Perwira Ringan : Kuda dan Gajah

2. Perwira Berat : Benteng dan Menteri.

Perhatikan petuah seorang master catur dibawah ini :

SAC Nomor 5 dari Master Nasional Heri Darmanto Jatim
"Aktifkan lebih dahulu perwira ringan seperti Gajah dan Kuda daripada perwira hebat seperti Menteri dan Benteng, kecuali ada alasan kuat untuk itu (misal ada taktik menng atau dalam keadaan diancam)"

Arti dari pesan tersebut adalah : langkahkan kuda dan gajah terlebih dahulu daripada melangkahkan Menteri dan Benteng. Mengapa?

Karena kuda dan gajah adalah perwira yang bersifat pasif, yang harus dikeluarkan segera agar bisa jadi aktif dan menguasai petak pusat. Terutama untuk kuda, lebih baik dilangkahkan terlebih dahulu dari pada gajah, karena gajah pada dasarnya telah aktif, setelah Anda melangkahkan bidak, misal : 1.e4, maka gajah pada dasarnya sudah aktif, karena telah menguasai beberapa petak diagonal dari f1 ke a6.

Berbeda dengan kuda, kuda benar-benar pasif di petak g1 dan f1, sebelum dilangkahkan, ia hanya menguasai 2 petak yaitu f3 dan h3, yang mana bukan merupakan petak pusat.

Ada 2 alasan kuat jika Anda melangkahkan perwira berat terlebih dahulu daripada perwira ringan :

1. Kondisi ada taktik menang : Taktik catur memang sering kita temui dalam babak opening, jika Anda menemuinya, maka Anda tidak perlu mengikuti prinsip ini. Ingat, taktik catur adalah sebuah posisi yang bisa membuat Anda :

a. Menang materi,
b. Menang posisi
c. Bisa men skak mat raja lawan.

2. Kita dalam keadaan diancam : dalam keadaan terancam, kita boleh melakukan pertahanan terlebih dahulu sebelum mengembangkan perwira, karena jika tidak maka akan menyebabkan kekalahan untuk kita. pada kondisi seperti ini, kita harus bisa memilih langkah catur apa yg kita prioritaskan.

Baiklah, cukup sekian tutorial kelima kali ini, silahkan ikuti tutorial selanjutnya dari blog catur trik bermain catur ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar