Jumat, 28 Maret 2014

Teknik Catur : Cegah Raja Lawan Melakukan Rokade

Teknik Catur : Cegah Raja Lawan Melakukan Rokade - Setelah pada tutorial ketiga kita membahas mengenai definisi rokade dan fungsi rokade, kini sebaliknya, jika Anda punya kesempatan mencegah rokade lawan, maka cegahlah selagi bisa. Perhatikan gambar dibawah ini :

teknik catur : mencegah rokade lawan
Arahan Catur ke-4 dari Master Nasional Heri Darmanto Jatim

" Jika ada kesempatan, cegahlah raja lawan agar tidak bisa rokade Raja lawan yang berada di tengah, akan lebih mudah kita serang "

Teknik catur ini sungguh tepat digunakan saat kita menjumpai posisi dimana raja lawan hendak rokade, tapi kita bisa menghalangi-nya. Kita lihat posisi pada gambar diatas, Hitam dapat mencegah putih melakukan rokade dengan melangkahkan gajahnya ke petak a6.

Apa sebenarnya fungsi dari mencegah rokade lawan ?

1. Jika posisi raja lawan di tengah (di lajur -d dan lajur -e) adalah petak yg tidak aman, maka akan sangat mudah bagi perwira kita untuk menyerangnya. Bagaimana caranya? tentu dengan membongkar lajur tengah, kemudian mem-fokuskan seluruh perwira kita untuk menyerang raja yg berada di tengah.

2. Posisi raja tidak rokade artinya perkembangan buah caturnya kurang baik, benteng belum diaktifkan, dan belum siap untuk menyerang.

Tutorial catur ke-empat ini saya akhiri, tetap stay tuned di blog catur ini untuk belajar catur gratis dengan tutorial catur selanjutnya,

Salam Gens Una Sumus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar