Kamis, 27 Maret 2014

Tehnik catur seri ketiga : Langkah Catur Mengamankan Raja

Tehnik catur ketiga langkah catur mengamankan Raja pada babak opening : Arahan kali ini masih tetap kita bahas babak pembukaan, karena memang ini adalah tahap paling awal, kalau mau paham secara keseluruhan, tentu harus paham dulu babak opening.

Perhatikan Gambar di Bawah ini :

gambar tehnik bermain catur
Arahan catur ke-3 dari MN Heri Darmanto Jatim

"Amankan Raja di sayap yang tepat dan di waktu yang tepat pula" Ada 2 hal penting yang bisa kita pahami dalam pesan ini :

1. Amankan raja di sayap yang tepat : artinya, Anda bisa memilih untuk rokade pendek ataukah rokade panjang. Apa itu rokade? Bagi yang belum mengerti, rokade adalah langkah menukar posisi antara benteng dan raja.

Definisi :
Rokade Pendek (dalam notasi ditulis 0-0) : Posisi awalnya : Raja di e1 berpindah ke petak g1 dan Benteng di h1 berpindah ke petak f1

Rokade Panjang (dalam notasi ditulis 0-0-0) : Posisi awalnya : Raja di e1 berpindah ke petak c1 dan Benteng di a1 berpindah ke petak d1.

Langkah rokade memiliki beberapa tujuan, yang utama adalah mengamankan raja, dan yang kedua juga mengaktifkan benteng.

2. Amankan raja pada waktu yang tepat : artinya, kita harus melakukan rokade pada saat yang tepat, saat kuda dan gajah kita telah aktif, dan juga menteri sudah dilangkahkan jika bermaksud untuk rokade panjang. Kita dapat melihat pada gambar diatas, bahwa putih sudah siap melakukan rokade, karena kuda dan gajah sudah keluar ke medan laga.

Sekian dulu tutorial ketiga dari kami, untuk tutorial selanjutnya silahkan stay tune terus di website ini.

Salam Gens Una Sumus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar