Sabtu, 02 Agustus 2014

Trik, Ide, dan Gagasan dalam Permainan Catur

Catur itu menurut saya adalah adu ide/gagasan dari dua individu yang luar biasa sedang mempresentasikan gagasannya pada papan catur.yang idenya lebih baik tentu akan memenangkan pertandingan .
Saya lebih banyak mengambil pelajaran dari filosofi catur yang saya terapkan dalam hidup.
Catur itu bagi saya sarana/alat menuangkan ide kreatifitas.
Setiap orang yang pandai memasak walaupun tema memasaknya sama "nasi goreng",misalnya tentulah berbeda rasanya ,perbedaan ini terletaak dari karakter/sifat dari koki/juru masaknya ,pengetahuannya akan bumbu nasi goreng yg terbaik,ketersediaan stock kualitas bumbunya (Disini ada stok jual papan catur lipat di jakarta .

Sama catur juga begitu misal dua pecatur sama-sama tau opening sicilia....awalnya aja sama ke belakangnya berbeda .....perbedaannya terletak dari pengalamanya,pengetahuannya akan teori catur.
Middle game
Ada yg bertanya kepada saya bagaimana caranya bermain middle game /babak tengah dalam catur..sebetulnya saya bukan master/ahli catur dalam memberikan penjelasan teori catur.ok saya jawab semampunya.
Pengalaman..itu dulu yg utama artinya terus-menerus latihan catur....jika kita berpengalaman tentu sering melihat opening sampai ke middle otomatis dengan sendirinya kita tau langkah terkuat atau strategi apa yg terbaik untuk buah putih atau hitam.
Lalu kite mengenal bentuk bangunan catur kita sendiri ,kalau kita sering di tekan langkahnya sama lawan berarti bentuk bangunan buah kita jelek kenapa jelek karena pada openingnya kita salah kurang kuat langkahnya sehingga jadi tak beraturan tujuan dari langkah kita
gak ada keseimbangan antar lini.
Lalu kita belajar dengan mengamati game para master tentang suatu opening.misal di game itu master menggunakan sicilia opening maka kita tau tujuan langkahnya...
Pengetahuan akan teori opening di middle juga mempengaruhi middle game kuat atau tidaknya di permainan tengah.
Selain itu pada middle game itu tergantung skill dari pecatur itu sendiri ,mengenai taktik,tema,strateginya.....isi kepala tiap orang tak sama masing2 punya intelegensia masing2,daya nalar yg luar biasa.
Satu lagi adalah Killer Insting.
Begitulah penjelasan saya mengenai middle game pada catur.
Lebih-kurangnya saya mohon maaf lahir-batin. GENA UNA SUMUS ya para pecatur di indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar