Senin, 11 Agustus 2014

Presiden FIDE Terpilih Tahun 2014

Kirsan Ilyumzhinov kembali terpilih sebagai Presiden FIDE setelah memperoleh 110 suara melawan penantangnya Garry Kasparov yang hanya mendapatkan 61 suara dari 175 delegasi (empat suara tidak sah), dalam pemilihan Presiden FIDE di Tromso, Norwegia , 11 Agustus 2014 di sela-sela berlangsungnya Olimpiade Catur ke 41 di kota tersebut.



Dalam pidato kemenangannya, Kirsan menyatakan terima kasih kepada seluruh pendukungnya dan secara pribadi mengucapkan terima kasih kepada saingannya Garry Kasparov yang membuat pemilihan Presiden FIDE kali ini lebih berwarna.

Dia juga mengajak Kasparov dan tim juara dunia ke-13 itu bergabung dengan tim FIDE untuk membantu pengembangan catur dan meningkatkan citra catur di dunia.

"Saya akan bekerja untuk catur dan saya ingin mengabdikan seluruh hidup saya untuk Federasi Catur," katanya di depan seluruh delegasi yang berkumpul di Tromso University, lokasi pemilihan Presiden FIDE berlangsung.

Sekali lagi, jabatan Presiden FIDE dipertahankan kembali oleh Kirsan Ilyumzhinov (52), seorang berkebangsaan Rusia yang telah memegang jabatan tersebut sejak tahun 1995. Mantan Presiden Republik Kalmykia ini tidak membantah mendapat dukungan penuh dari Presiden Rusia Vladimir Putin.

Kirsan Ilyumzhinov pernah dikritik karena hubungan dekatnya dengan beberapa diktator paling brutal di dunia termasuk Saddam Husein dan Moamer Kadhafi, ketika kedua pemimpin itu tengah mendapat sorotan internasional.

Pada saat NATO membom kota Tripoli, pada bulan Juni 2011, ia berkunjung ke ibukota Libya tersebut untuk bermain catur dengan Kadhafi, serta memberikan Kadhafi gelar "Grandmaster Internasional".

Pemilihan Presiden FIDE ini mirip dengan pemilihan presiden di negara kita. Kasparov telah berkampanye selama bertahun-tahun untuk menjadi presiden FIDE. Dia banyak melancarkan kritikan terhadap kepemimpinan Kirsan Ilyumzhinov. Kasparov bahkan menggambarkan Ilyumzhinov sebagai boneka Kremlin.

Seluruh kota Tromso dipenuhi gambar dan umbul-umbul Garry Kasparov menjelang pemilihan berlangsung. Sayangnya pemilihan Presiden Fide bukan tergantung dengan banyaknya spanduk, tetapi oleh banyaknya suara delegasi.

"Ketika saya mendengar Ilyumzhinov berbicara tentang demokrasi, itu mengingatkan saya pada Vladimir Putin berbicara tentang perdamaian," katanya kepada TV2 Norwegia, Senin (11/8). Baca juga : jual papan catur lipat standar fide.

Menarik juga apa yang dikatakan oleh GM Nigel Short kepada salah satu media Norwegia VG setelah pemilihan. “Sebuah hari yang gelap untuk catur. Kita kembali mempunyai rezim yang merusak permainan catur dan catur akan stagnan.”

Short kembali melanjutkan: “Tidak ada yang salah dengan pecatur. Jika Anda bertanya di ruang pertandingan catur Olimpiade, saya berani bertaruh 9 dari 10 pemain akan memilih Kasparov. Masalahnya adalah: delegasi. Jika delegasi telah menerima insentif untuk memilih calon tertentu, maka mereka tidak perduli alasan atau logika apapun, kecuali memilih yang telah memberikan “sesuatu” kepada mereka.”

Chess=News.ru menulis bahwa Presiden FIDE terpilih telah menawarkan Nigel Short jabatan direktur pengembangan catur di Afrika (of the fund for chess development in Africa )

Tetapi apapun itu, Presiden FIDE telah terpilih. Tidak ada lembaga seperti MK untuk tempat mengadu dan melaporkan bahwa telah terjadi kecurangan secara terstruktur, sistematis dan masif dalam pilpres FIDE 2014.

Mari kita terima Presiden FIDE dengan legowo dan berharap catur semakin berkembang di dunia dan segera masuk dalam kalender Olimpiade modern.

Ditulis Oleh Hasiholan Siregar pada Grup Info Catur di FB. Berikut video Fide Election 2014 :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar