Rabu, 02 Juli 2014

Wawancara Grandmaster Magnus Carlsen dan Levon Aronian

Magnus Carlsen baru-baru memenuhi undangan mengunjungi Armenia selama 3 hari, Selama tur disana, Levon Aronian bertindak sebagai tuan rumah dan menjadi pemandu wisata dadakan Carlsen. Sudah saya posting sebelumnya di Info Catur.

Disela-sela aktivitasnya yang padat, kedua pecatur No.1 dan No.2 dunia ini diwawancarai secara terpisah dengan memilih cara yang tidak biasa - mereka diminta menjawab pertanyaan yang sama persis dan jawaban mereka secara lengkap kemudian ditulis oleh Karen Shainyan untuk Slon.ru. (baca juga : problem catur 3 langkah mat) Inilah beberapa cuplikannya.


TIM MANA YANG ANDA DUKUNG DI PIALA DUNIA? SIAPA YANG ANDA PIKIR AKAN JUARA TAHUN INI?
Carlsen: Saya mendukung Afrika Selatan, tapi saya pikir Argentina akan menang.
Aronian: Saya selalu mendukung Inggris, sehingga tidak ada lagi gunanya saya menonton Piala Dunia. Saya punya perasaan Belanda akan menang. Mereka selalu bermain dengan baik tetapi sering tidak beruntung, tapi kali ini menurut saya mereka akan berhasil.

BERAPA JAM ANDA BERLATIH DALAM SEHARI?
Carlsen: Itu tergantung, tapi rata-rata 1,5-2 jam, atau sesuatu seperti itu ... Kemudian di sisa waktunya saya melakukan apa yang saya suka dan itu berbeda setiap hari. Saya mendengarkan musik, berolah raga dan sebanyak mungkin pergi hang out dengan teman-teman saya.

Aronian: Hal ini tergantung, misalnya ada pertemuan penting yang tidak dapat dibatalkan, tetapi idealnya saya mencoba untuk menghabiskan waktu selama lima jam sehari untuk catur dan dua jam lagi untuk berolahraga (but ideally I try to spend five hours a day on chess and two on sport).

APAKAH CATUR OLAHRAGA?
Carlsen: Saya pikir cara pendekatan saya terhadap catur memiliki sangat banyak persamaan dengan olahraga. Seperti cara saya mempersiapkan diri untuk turnamen dan cara saya menghadapi pertandingan.
Aronian: Ya, tentu saja catur adalah olahraga. Ini seperti adu banteng: jika Anda bertarung dan bertarung dan kemudian membuat gerakan manuver berputar-putar yang sangat indah, namun pada akhirnya Anda akan menusuk bantengnya, maka apa pun yang Anda lakukan sebelumnya, itu memiliki banyak tujuan dan arti. Hal yang sama terjadi dalam permainan catur.

JIKA CATUR ADALAH OLAHRAGA, BAGAIMANA CARA ANDA MEMPERSIAPKAN DIRI?
Carlsen: Pertama saya mempersiapkan diri dengan pelatih dan kedua olahraga fisik untuk siap bermain panjang. Saya berlatih taktik dengan komputer dan seterusnya dalam rangka untuk terus belajar.
Aronian: Ini bukan olahraga yang sangat sporty. Pecatur berusia lebih dari 70 tahun, seperti Vasily Smyslov dan Viktor Korchnoi, telah mencapai hasil yang cemerlang. Orang tua saya berasal dari komunitas ilmuwan, sehingga mereka tidak berolahraga secara serius, jadi saya melakukannya dengan teman-teman saya dan rekan satu tim. Ketika berumur 20 tahun saya mulai berolahraga.

BISAKAH ANDA MEMASAK?
Carlsen: Tidak terlalu, hanya beberapa hal dasar. Aku bisa membuat telur dadar.
Aronian: Kami telah melakukan banyak perjalanan di Asia dan saya sangat suka makanan Asia. Saya tidak makan daging, tapi ikan. Saya bisa memasak, tapi keluarga dan pacar saya tidak setuju saya memasak, jadi saya hanya bisa mengatakan bahwa saya mencobanya.

APAKAH ANDA MENGIKUTI RUTINITAS?
Carlsen: Tidak terlalu.
Aronian: Sangat penting untuk memahami kapan Anda lelah dan kapan Anda mencapai puncak kelelahan mental Anda. Jika Anda bangun pukul delapan, sarapan, latihan, makan siang dan langsung berangkat menuju lokasi pertandingan, pada hari ketiga Anda merasa bahwa baik permainan Anda maupun suasana hati Anda mengerikan. Saat itulah Anda perlu mengambil keputusan berani untuk minum segelas anggur, pergi keluar, menonton film dan pergi tidur jam 02:00.

APAKAH ANDA MEMILIKI TEMAN-TEMAN YANG TIDAK TERTARIK PADA CATUR? APA YANG ANDA BICARAKAN DENGAN MEREKA?
Carlsen: Ya, beberapa teman saya, khususnya teman-teman sekolah, tapi itu tidak ada masalah sama sekali bagi saya. Sahabat saya tidak mengerti apa-apa tentang catur, tapi dia penggemar berat sepak bola dan basket, jadi kita bisa ngobrol tentang itu.
Aronian: Ada anggota keluarga saya. Ayah saya adalah seorang fisikawan dan tidak suka catur atau olahraga individu lain. Ada teman-teman - musisi, seniman - yang sangat jarang bertanya bagaimana cara saya bermain catur. Itu tidak mengganggu saya sama sekali. Sebaliknya, itu bagus untuk berbicara dengan orang yang berbeda dunia dengan kita.

BERAPA BANYAK BAHASA YANG ANDA KUASAI?
Carlsen: Norwegia, Inggris, Belanda dan Swedia - sedikit Jerman.
Aronian: Saya fasih berbicara bahasa Rusia, Armenia, Inggris dan Jerman.

BERAPA BANYAK LANGKAH KE DEPAN YANG BISA ANDA KALKULASI?
Carlsen: Jika saya perlu saya bisa memikirkan setidaknya 15-20 langkah ke depan, tapi biasanya kurang dari itu, karena ada begitu banyak langkah yang dapat dikembangkan. Tidak ada gunanya memikirkan satu skenario begitu dalam. Ada terlalu banyak kemungkinan.
Aronian: Anda sering salah perhitungan: tampaknya Anda telah menghitung semuanya sampai akhir, tetapi dalam kenyataannya Anda sudah salah pada langkah kedua. Ada konsep "pohon analisis", dan jika Anda tidak memiliki cabang, hanya batang, maka itu sangat sederhana. Biasanya, Anda tidak akan menemukan pemain catur serius yang akan memberitahu Anda berapa banyak langkah ke depan yang dapat dikalkulasinya.

APAKAH ANDA SELALU BERMIMPI TENTANG CATUR?
Carlsen: Setiap kali saya bermimpi tentang catur itu biasanya dalam mimpi buruk.
Aronian: Saya sering bermimpi, sangat menarik dan kadang-kadang menakjubkan. Tidak, bukan tentang catur.

ANDA DIKENAL SEBAGAI NO.1/ NO.2 GRANDMASTER TERBAIK TIDAK HANYA HARI INI, TAPI DALAM SEJARAH CATUR. APA PENDAPAT ANDA TENTANG INI?
Carlsen: Saya tidak yakin tentang "terbaik" sepanjang masa - yang subyektif, tapi saya tahu pasti bahwa saya punya peringkat tertinggi dalam sejarah. Ini hebat.
Aronian: Sejujurnya, saya ingin mengoreksi Anda. Dalam hal rating, saya sudah menjadi pemain terbaik kedua selama bertahun-tahun, tetapi saya selalu merasa ada lima atau bahkan lebih pemain yang bermain di level yang sama. Ini adalah perasaan yang sangat baik untuk terus berlatih dan tidak melupakan peran orang tua dan orang-orang yang membantu saya, jadi ini sebenarnya merupakan prestasi kolektif.

JIKA ANDA ADALAH BUAH CATUR, YANG MANAKAH ANDA?
Carlsen: Saya tidak tahu ... Saya pikir guru saya Kasparov biasanya memiliki jawaban yang blak-blakan untuk secara tepat menjawab pertanyaan ini, jadi saya pikir saya akan menahan diri untuk menjawabnya (lihat : jual catur terlengkap di indonesia).
Aronian: Sulit untuk mengatakan. Saya suka cara Tigran Petrosian menjawab pertanyaan tentang buah favoritnya yaitu Benteng karena sering dikorbankan dengan buah catur yang lebih kecil nilainya. Saya mengibaratkan diri saya adalah Kuda, karena saya senang bepergian dan saya sangat suka membuat langkah yang orisinal. Ditulis oleh Hasiholan siregar dalam grup catur facebook Info Catur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar