Rabu, 16 Juli 2014

Diskusi dengan Magnus Carlsen Sang Juara Dunia Catur

 Berikut adalah cuplikan wawancara dengan sang juara dunia catur GM Magnus Carlsen, yang dengan senang hati menjawab pertanyaan para fans catur dari seluruh dunia.

T. Apakah anda pernah masuk ke situs-situs seperti Chess.com, sebagai pemain anonim untuk bersenang-senang?

MC: Sesekali dengan menggunakan akun teman saya dan memenangkan beberapa partai ... atau banyak ...

gambar foto juara dunia catur

T. Berapa gelas bir yang harus anda minum agar seseorang dapat mengalahkan anda?

MC. Tidak ada jawaban untuk pertanyaan ini ... bahkan meskipun sangat mabuk, saya masih tetap seorang pecatur yang sangat kuat.

T. Ketika anda sedang bermain, berapa banyak variasi yang ada di kepala anda? Berapa banyak biasanya langkah yang bisa anda hitung?

Saya biasanya memikirkan 1-3 langkah berbeda dan kemudian variasi yang muncul bisa pendek atau sampai 15-20 langkah jika diperlukan.

T. Magnus, Apa kemenangan paling anda membuat anda terkesan dan apa kekalahan yang paling anda kenang?

MC. Kemenangan yang paling mengesankan saya adalah di Kejuaraan Norwegia Under 11, ketika saya berusia 9 tahun. Kekalahan: mungkin saat saya melawan Ivanchuk di turnamen Kandidat.

T. Seandainya anda bermain melawan pemain catur masa lalu, siapa pemain catur yang ingin anda bermain dengan mereka?

MC. Ada banyak pilihan, tetapi yang pertama yang datang ke pikiran saya adalah Kasparov dan Fischer, serta Capablanca.

T. Turnamen catur mana yang menjadi favorit anda sampai saat ini?

MC. Anand - Kamsky turnamen kandidat tahun 1994

T. Seberapa baik anda di sekolah seperti matematika, ilmu pengetahuan dll? Apakah jenius dalam catur dapat diterjemahkan dengan mempunyai kemampuan yang sama dalam bidang akademik?

MC. Saya ingin sukses dalam hal apa pun, setidaknya bagi saya, perlu fokus dan menyediakan waktu untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan juga pemahaman tentang mata pelajaran yang berbeda. Ketika saya melakukan itu di sekolah, saya melakukannya dengan sangat baik. Ketika saya menghabiskan lebih banyak waktu di catur, saya menjadi kurang baik di sekolah.

T. Apa yang anda pikir membuat anda orang terkuat di dunia?

MC. Kismis.

T. Bagaimana pelatih dapat membantu anda menjadi lebih baik? Atau apakah mereka tidak membantu sama sekali? Apakah saat ini semua tergantung kepada anda untuk meningkatkan permainan anda?

MC. Kebanyakan dari semua terserah pada diri anda sendiri untuk memperbaiki diri karena bahkan pelatih terbaik tidak sepenuhnya memahami apa yang ada di dalam otak saya - haha ha

T. Apakah Anda pikir anda akan dapat mencapai rating 2900 dalam beberapa tahun ke depan?

MC. Jika saya dapat menjaga permainan saya dan terus meningkatkannya, saya pikir saya punya peluang bagus. Ini bukan tujuan itu sendiri, tetapi jika saya bermain dengan baik, hal itu akan tercapai dengan sendirinya.

T. Apa yang anda lakukan ketika tidak bermain catur lagi?

MC. Saya tidak tahu ... Saya sudah menjadi pemain catur untuk waktu yang lama, jadi saya belum benar-benar memiliki kesempatan untuk berpikir tentang hal ini

T. Kontrol waktu adalah perdebatan besar di dunia catur. Menurut anda, apakah catur akan lebih menarik bila waktu pertandingannya dikurangi agar penonton tetap betah menyaksikan?

MC. Saya pikir waktu kontrol catur klasik adalah yang terbaik, memberikan banyak waktu kepada pemain untuk berpikir dan memunculkan ide-ide menarik yang membuat penonton tetap betah untuk menyaksikannya.

T. Apa buku catur favorit Anda dan buku favorit non-catur?

MC. Buku Catur favorit saya adalah Kramnik: My Life & Games memberikan kesan yang kuat pada saya sebagai seorang kanak-kanak. Buku non Catur: Donald Bebek (serius)

T. Apakah Anda pernah bermain melawan mesin Houdini? Dan apakah anda berpikir anda akan mampu mengalahkannya?

MC. Tidak, dan tidak akan. Saya hanya akan bermain melawan Magnus 23.

T. Bagaimana kehidupan anda sejak memenangkan Kejuaraan Dunia? Apakah menjadi lebih sulit untuk tetap mempunyai motivasi?

MC. Pendekatan saya untuk catur dan turnamen tidak banyak berubah, bahkan sebelum Kejuaraan Dunia. Saya adalah pemain terbaik di dunia, sehingga dalam arti bahwa saya ingin selalu menang. Saya memiliki keyakinan bahwa saya selalu bisa melakukan yang terbaik.

T. Anda mungkin sudah tahu, hampir semua pecatur terbaik dunia belajar catur diusia yang sangat muda dan sangat berbakat diusia tersebut. Berapa banyak dampaknya menurut anda memulai diusia yang sangat muda?

MC. Saya pikir untuk menjadi salah satu yang terbaik di dunia, anda perlu mulai lebih awal dan sangat penting memiliki gairah serta dorongan yang besar untuk terus belajar.

T. Ada perbedaan usia yang cukup besar antara anda dan peserta turnamen kandidat 2014. Apakah anda pikir itu menguntungkan anda? Dan untuk grandmaster muda, siapa menurut anda yang menjadi ancaman bagi anda untuk merebut juara dunia?

MC. Saya pikir pemain seperti Anand, Kramnik, dan Topalov serta Svidler adalah bagian dari generasi pemain yang sangat kuat dan sangat wajar kalau mereka masih tetap bertahan hingga saat ini.

Untuk pertanyaan kedua: Saya pikir sangat dini untuk mengatakan siapa yang akan menjadi ancaman di masa depan, itu benar-benar sulit untuk mengatakan sebelum melihat mereka sepenuhnya berkembang.

T. Apa makanan favorit anda? Dan apa yang anda makan sebelum pertandingan?

MC. Saya tidak punya makanan favorit. Tetapi sebelum pertandingan saya biasa makan telur dadar atau sesuatu seperti yogurt dengan buah.

T. Apa respons anda terhadap pendapat umum bahwa anda mengkhususkan diri dalam memeras posisi kering daripada bermain menyerang. Banyak GM menyebut gaya permainan catur anda sebagai kematian catur dalam beberapa aspek.

MC. Sangat penting bagi seorang pemain catur yang baik untuk tetap fokus dan kreatif dalam menangani posisi yang sederhana maupun yang penuh dengan komplikasi. Saya tidak berpikir bermain untuk waktu yang lama harus dipandang menjadi sesuatu yang negatif.

Bagaimana para pecatur, apakah anda ingin cara menang dalam catur agar jadi juara dunia catur seperti magnus carlsen?

4 komentar: