Jumat, 06 Juni 2014

Mengetahui Maksud Dari Langkah Lawan Terakhir

Memahami maksud dari langkah lawan yang terakhir atau yang baru saja dijalankan adalah hal yang wajib dilakukan pemain catur sebelum mencari langkahnya sendiri.

gambar posisi langkah catur

 Pastikan untuk mengetahui maksud atau rencana pada langkah terakhir lawan. Mungkin dia melakukan rencana berbahaya baik terang-terangan atau tersembunyi. Bisa jadi dia akan menjebak atau memancing. Atau malah dia bikin langkah blunder. Berhati-hatilah.

Mencegah blunder adalah sebuah teknik yang harus dipelajari dan harus dilatih oleh seorang pemain catur. Caranya adalah setiap lawan selesai melangkah, maka pikirkan, apa tujuan dari langkah tersebut. Mau mengancam apa? mau menyerang yang mana?

Kita dapat lihat pada gambar diatas, Hitam telah melangkahkan Menterinya ke petak b6. Tujuan dari langkah tersebut adalah menyerang bidak b2 dari putih. Ini yang harus dipahami oleh pemain hitam agar tidak kalah materi. Tetapi juga harus dihitung, jika Mxb2 maka dijawab oleh putih dengan Ka4 mengancam menteri di b2, dan menteri hitam terjebak. Ini yang harus dipahami juga oleh hitam.

Jika anda butuh materi pembelajaran catur yang efektif dan efisien, silahkan kunjungi website kami www.grosircatur.com menyediakan berbagai peralatan catur lengkap mulai papan catur, tas catur, jam catur dan aksesoris catur lainnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar