Senin, 23 Juni 2014

3 Cara Menang Dalam Permainan Catur

Ada 3 (tiga) cara untuk memenangkan pertandingan catur lawan seorang pesaing sehubungan dengan opening yang kita pakai.

1.Menggunakan teori opening pembukaan catur kita, andalan kita - "tidak melihat opening lawan"!!... semua jalur opening kita hapalkan dan kita pahami dengan baik sekali. segala varian, sub-varian beserta jenggot-jenggotnya kita hapalkan semua sampai sebanyak-banyaknya, sebanyak yang kita bisa hapalkan... apapun jawaban lawan - kita sudah siap dengan langkah2 kita yg sdh kita hapal... cara ini relatif lebih mudah dilakukan - meskipun peluang menangnya tidak terlalu besar, utamanya jika lawan telah menghadang opening kita dan mempunyai hapalan opening yg sama dg kita. akan agak bahaya jika lawan lebih hapal openingnya daripada kita. kalo lawan menghadang, jelas kita tidak bisa mencuri di opening... biasanya yg terjadi hanya imbang saja dan kita tarung di middle dan ending...tapi jelas butuh waktu (jam terbang berlatih) yg tidak sedikit untuk menghapalkan semua opening. kebanyakan master-master catur menggunakan cara ini.

 2. Mengikuti atau menghadang opening lawan. kita perhatikan dan pantau satu demi satu opening lawan dan kita persiapkan dg baik bagaimana menghadapi dan memenangkannya. paling tidak kita bisa mengimbanginya... lebih efektif lagi, jika lawan diarahkan ke opening yg dia tidak hapal atau kurang hapal. biasanya ini pake opening bukan varian utama atau pake opening alternatif atau jarang dipakai tapi masih bisa diterima oleh teori catur. cara ini punya peluang menang lebih besar dan kadang kalo sukses, kita bisa mencuri di opening dan menang opening. tdk mungkin seorang pecatur akan hapal semua langkah opening yg jumlahnya bermilyar-milyar... nah kita berusaha memasuki di mana ada varian opening yg kira2 dia tidak hapal. opening yg baik adalah opening yang punya peluang menang besar jika dipakai, gak berduli opening apapun itu. peluang menang besar jika: lawan tidak hapal, atau lawan tdk suka... cara ini lebih sulit dilakukan karena butuh kerja keras untuk mempersiapkan semua lawan. tapi kalo bisa dilakukan akan baiklah hasilnya.... cara ini juga banyak dianut oleh master-master catur dunia.

gambar teori pembukaan catur

3. Tidak mengandalkan opening untuk menang. tapi mengandalkan kekuatan kalkulasi yang hebat sekali dan punya akurasi langkah mendekati mesin. opening diacak dan seringkali pake opening gambit dan komplikasi (misal kuda tukar 2 pion), benteng tukar kuda+1 pion, dst... cara ini akan mengacaukan persiapan opening lawan... tapi tuntutan kalkulasi hebat wajib dipenuhi. lawan dipaksa memasuki jalur opening yg tidak dikenal atau jarang dikenal dengan bentuk2 posisi2 komplikasi materi. cara ini jarang dilakukan oleh pecatur. resiko kalah juga besar, meskipun jika bisa melakukan dengan baik, pecatur macam ini akan sangat berbahaya. saya lihat ada pecatur2 master yg punya cara ini, meskipun tidak banyak jumlahnya.
begitulah rahasia dari para master catur yang saya ketahui dan yg sengaja saya bocorkan di sini di group ini untuk teman2 semua, para insan catur indonesia!!
apa teman2 catur punya pendapat lain? segala komentar, silakan...
kalo teman2 pake cara apa atau cara yg mana... untuk menang sehubungan dengan opening catur yang dipakai?


1 komentar:

  1. Menangkan juga Jackpot hingga ratusan juta rupiah.
    Custumer Service online kami siap 24jam akan melayani Deposit,
    withdraw dan Registrasi anda dengan cepat, ramah, sopan dan
    juga profesional.
    Kami bertransaksi Menggunakan Bank BCA, BNI, BRI , Danamon , dan Mandiri
    Ayo segera daftarkan diri anda di www,pokers1288,pw
    (PIN BBM : 7AC8D76B)

    BalasHapus